Cara Mengganti Domain Website Lama Ke Domain Baru

DomainCara Mengganti Domain Website Lama Ke Domain Baru -?Setelah sekian lama saya mencari sampai jengkelitan tidak karuan, akhirnya saya bisa menyelesaikan masalah Mengganti domain lama ke domain yang baru. Sebenernya ini bukan domain asli blog saya melainkan pindahan dari .co.cc nama domainnya pun sama. Setelah saya pikir – pikir mendapat rezeki lumayan mau coba – coba plus iseng – iseng beli domain yang murah tapi yang penting premium, lagi pula domainnya juga tidak jelek. domain www.kentos.org sekarang menjadi domain blog ini.
Okeh, tapi sekarang bukan saatnya membahas tentang membeli domain premium tapi kita akan membahas tentang cara mengganti domain lama ke domain baru, jadi mari kita lanjutkan membahas tentang cara mengganti domain lama ke domain yang baru.
Bagi newbiee atau orang awam seperti saya masih sangatlah polos untuk hal seperti ini ( emang saya bisanya apa ya ?? ) he,, Ya, saya juga sama disini, membuat blog sambil belajar dan bertukar pikiran informasi yang kita punya. Jadi untuk artikel ini kita share sambil bercerita. he,

Cara Mengganti Domain Website Lama Ke Domain Baru

  • Masuk ke Cpanel Hostingan anda.
  • Backup MySQL Database blog anda ke localhot atau komputer anda.
  • Buka dengan editor text, untuk di windows gunakan notepad sedangkan di linux gunakan gedit. ( tergantung editornya )
  • Pilih menu search dan klik replace.
  • Ketikan nama domain lama anda di kolom search for.
  • Ketikan nama domain baru anda di kolom replace with.
  • Kemudian klik replace all.

Otomatis kata yang mengandung nama domain lama anda sudah berubah menjadi nama domain anda yang baru. Pastikan sudah tergantikan semua nama domain lama anda menjadi nama domain anda yang baru.

  • Masuk Cpanel hostingan anda kembali.
  • Pilih menu phpmyadmin.
  • Pilih MySQL Database blog anda yang lama.
  • Pilih import dan upload kembali MySQL Database yang sudah anda edit tadi.
  • Arahkan settingan Database blog anda ke database yang udah anda edit tadi. ( secara default sudah mengarah ke database yang sudah anda edit ).

NB :Tutorial Cara Mengganti Domain Website Lama Ke Domain Baru?saya buat berdasarkan pengalaman saya memindahkan / mengganti domain blog ini. Untuk CMS wordpress anda harus menyalin data wp-content ke directory blog baru anda, untuk me-load plugin dan themes yang anda gunakan di blog lama atau data yang sudah tersimpan di Database.

Published by

amri

Seorang penulis blog yang suka meng-kode juga suka musik dan otomotif. Nah lho bingung kan wkwkwk

13 thoughts on “Cara Mengganti Domain Website Lama Ke Domain Baru”

      1. Gan Amri saya lg ada masalah yg rumit soal redict url 301, mohon dibantu pencerahannya, tolong Gan Amri sms in no. Hp gan Amri ke no.saya di 0878 8856 4118, saya mau konfirmasi

  1. thank untuk tips nya. saya juga berencana mengganti domain jadi yg berbayar.
    saya bookmark dulu

  2. GMN klo kita belom punya hosting gan??? saya beli hosting yang muraha juga aja blom jd bingug cara caranya kasih masukannjuga tentang hosting donk waktu saya masuk ke cpnelnya bingung ID dn pswodr yag mna salahtrus,,,??/!!!

  3. oh itu mah doamin gratis yah, yang saya mau itu saya mau ganti domain blog saya mau dibuat toko online , bisa ganti gak yah ? Mohon pencerahannya gan ? makasih

  4. Kalau saya mau ganti domain lama ke domain baru tapi dengan isi konten dan data yang sama itu bagaimana ya min? saya mau ganti atau redirect domain saja namun isi nya semua sama dengan isi domain yang lama

Leave a Reply