Categories
Android OS Tutorial

Cara Update Galaxy Tab 2 7.0 P3100 ke Android 4.1.2 Jelly Bean

Cara Update Galaxy Tab 2 7.0 P3100 ke Android 4.1.2 Jelly Bean – Samsung Galaxy Tab 2 7.0 P3100 ini adalah penerus dari Samsung Galaxy Tab P1000. Samsung Galaxy Tab 2 7.0 dengan nomer model P3100 adalah 3G + WiFi yang mendapatkan versi Android 4.0.4 ICS dari Official Samsung.
Kabar gembira setelah ada berita bahwa Samsung akan merilis Android 4.1.2 Jelly Bean untuk Galaxy Tab 2 7.0 P3100 ini. Mari kita lanjut ke?cara update Galaxy Tab 2 7.0 P3100 ke Android 4.1.2 Jelly Bean.

Persiapan Update Galaxy Tab 2 7.0 P3100 ke Android 4.1.2 Jelly Bean

  • Instal driver USB Samsung Galaxy Tab 2 7.0, untuk mentransfer file antara perangkat Android dan komputer.
  • Aktifkan mode USB Debugging pada Galaxy Tab 2 7.0 untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer dan menggunakan SDK Android.(Cara Mengaktifkan Mode USB Debugging Pada Perangkat Android).
  • Tutorial ini mungkin menghapus semua data pada ponsel, backup data yang diarasa penting. Kamu bisa backup menggunakan tools backup yang tersedia di Playstore.
  • Galaxy Tab 2 7.0 harus memiliki daya baterai di atas 80%.
  • Galaxy Tab 2 7.0 harus factory unlocked dan tidak terkunci ke operator tertentu saja.

Cara Update Galaxy Tab 2 7.0 P3100 ke Android 4.1.2 Jelly Bean

Cara Update Galaxy Tab 2 7.0 P3100 ke Android 4.1.2 Jelly Bean Gambar

  1. Download Android 4.1.2 XXCMA4 Jelly Bean untuk Galaxy Tab 2 7.0 ke komputer kamu. Kamu akan mendapatkan sebuah file tar md5 saat mengekstrak firmware file zip. (Mirror jika link diatas tidak bisa:?Android Jelly Bean 4.1.2 XXCMA4).
  2. DownloadOdin 3?dan ekstrak file zip
  3. Matikan tablet Galaxy dan masuk ke Mode Download dengan menekan dan menahan Volume Down dan tombol power bersama-sama. Kemudian tekan tombol Volume untuk terus masuk ke Mode Download
  4. Jalankan Odin pada komputer
  5. Colokkan kabel USB ke tablet Galaxy untuk menghubungkannya dengan komputer. Sebuah pesan yang mengatakan ‘Added’ akan tampil di bawah kotak pesan Odin. Kamu juga harus melihat COM port dengan nomor dibagian yang berwarna kuning jika perangkat berhasil tersambung

    Catatan : Jika Anda tidak melihat pesan ‘Added’, kemudian coba port USB lain. Jika itu masih tetap sama silahkan instal ulang driver USB.

  6. Kamu tidak perlu memasukan file pit, biarkan kosong dan lanjut ke langkah berikutnya
  7. Klik tombol PDA dan pilih file tar.md5, yang telah diekstrak dari folder P3100XXCMA
  8. Pada jendela Odin, pastikan Auto Reboot dan F.Reset Waktu kotak centang yang dipilih.
  9. Klik tombol Start di Odin untuk memulai instalasi
  10. Setelah proses instalasi selesai, Kamu akan melihat pesan?’Pass’ dengan latar belakang hijau di kotak paling kiri di bagian atas Odin. Tablet ini kemudian akan secara otomatis reboot dan segera Anda akan melihat logo Samsung. Anda bisa dengan aman mencabut kabel USB dari tablet untuk melepaskannya dari komputer

    Catatan : Jika Galaxy Tab terjebak di booting animasi (setelah langkah-10) kemudian kepala ke recovery mode dan melakukan data tugas menyeka dengan memilih wipe data/factory reset, wipe cache partition?dan kemudian pilih System Reboot now.

Baca juga =>?cara update Galaxy Tab 2 7.0 P3100?ke Android 4.2.2 Jelly Bean Official Firmware.
Cara Update Galaxy Tab 2 7.0 P3100 ke Android 4.1.2 Jelly Bean telah selesai?dan Galaxy Tab 2 7.0 P3100 telah berhasil menjalankan Android 4.1.2 Jelly Bean. Pergi ke Setting >> About Tablet untuk memverifikasi versi software pada perangkat Anda. Klik di sini untuk mengetahui?Cara Root Galaxy Tab 7.0 Plus P6200 pada Android 4.1.2 Jelly Bean.

By amri

Seorang penulis blog yang suka meng-kode juga suka musik dan otomotif. Nah lho bingung kan wkwkwk

0 replies on “Cara Update Galaxy Tab 2 7.0 P3100 ke Android 4.1.2 Jelly Bean”

Gan knp setelah di update, ada beberapa aplikasi yg nggak bs di buka ya? Trus menu print screen nya juga jadi nggak ada. Mohon petuahnya gan

Gan setelah aku update kok saya lebih suka dengan versi lama, apakah bisa kembali ke versi lama yah? Mohon penjelasannya…thanks

Gan, tab 2 saya udah diupdate lalu berhasil trus kalo mau balik lagi ke versi android 4.0.4 yang versi bawaannya gimana?…trims

gini katanya
“Error (509)
This account’s public links are generating too much traffic and have been temporarily disabled!”
please fix gan…

maaf gan..ane ad problem..setelah update ke 4.1.2 dan cb aku root..nmun tetap gak bisa mindahkan aplikasi ke sd card meski sd card sdh di partisi..mhn petunjuknya…

ragu jg ane Gan,
keuntungan/kelebihan update ke jelly bean dari apa ajah yah?
n boleh tau kah akan kekurangannya jg setelah upgrade Gan ?
thx buat penjelasan sebelumnya.

Sebenernya kelebihan update ke jelly bean ini adalah kita merasakan versi os Android terbaru dengan fitur-fitur baru Android.
Untuk kekurangan di Galaxy Tab 2 7.0 P3100 sendiri sepertinya tidak ada kecuali tampilan/user interface yang berbeda. Mungkin kita akan merasa aneh aja untuk pertama kalinya.
Untuk tau lebih jelasnya silahkan dicoba sendiri. 🙂

gan, sebelumnya tab saya ini hank logo dan udah di service di samsung nya dan skalian upgrade jadi jelly bean tapi ko setelah upgrade, memori internal yg tadinya 16GB sekarang cuma 2GB. gimana itu yah? tolong penjelasannya yah, apa bisa balik lagi ke 16gb? trims.

Loh ? Masa sih ? wah tidak juga kok. Untuk Galaxy Tab 2 P3100 yang pernah dicoba memori internal tidak berkurang sedikitpun. Walaupun memang yang terbaca tidak ‘pure’ 16 GB tapi paling tidak ada sekitar 11 GB sampai 12 GB yang dapat kita pakai.

iyaa makanya saya juga kurang ngerti, ini sebelumnya saya bisa banyak aplikasi tapi sekarang baru sedikit aplikasi yg saya instal udah ada notif kalo storage hampir full. device memory yg tertulis cuma 1, 87GB. gimana ini yah caranya?

gan, berhubung saya ngga ngga ngerti caranya ngepost gambar di wall fp agan jadi saya udah kirim screenshot nya di inbox yaah, tolong diliat. terimakasih

Gan,ane udh donlot semuanya utk update os ke jellybean,tp sblm update os ane mo nanya apakah setelah sukses update os aplikasi2 sprti chat (wa,line,wechat,kakao), media sosial (fb,path,insta,twitter,skype,tumblr,linkeid), game,dll akan hilang dan hrs donlot kembali?? trs kl hilang apakah ada software utk membackup aplikasi2 tsb supaya ane tdk hrs donlot ulang? terima kasih sebelumnya (pd saat ini ane backup di Kies)

Kalo re-partition gak di centang (di odin) sepertinya tidak bakal hilang. Tapi lebih baik backup dulu pake aplikasi backup yang tersedia di playstore.. Saran pake titaniumbackup. 🙂

Kalo gak bisa nyari APK nya aja mas. Titanium Backup yang paling recommended… Kalo yang lainnya silahkan cari-cari aja. Saya cuma pake titanium backup soalnya… Ada helium tapi gak backup APKnya.

gan ane pengen nyoba android yang 4.2.2 buat p3100 ane (tutorial yang di android gila), tapi itu kan region france ya gan, apakah ntar semua menu dan bahasanya juga ikut perancis gan??? wah bisa gawat donk soale ane cuma bisa bahasa indonesia n inggris doang, heheheee, gmn tuh gan???

Ass.wr..wb..Gan..ane dah upgrade samsung galaxy tab 7plus GT P6200 ke Versi 4.1.2 hamdulillh berhasil…
Ada sedikit masalah yang muncul yakni headset nya tidak berfungsi dan skype nya berjalan bagus cuma suara tidak sampai ke orang lain….
mohon petunjuknya gan…kira kira gemana solusinya…
sebelumnya…terimakasih banyak gan……

mo tanya gan, tab2 P3100 ane cuma kluar logo samsung na aja terus restart lagi. terus berualang-ulang kayak gitu gan. Tolong bantu dung Gan..

gan saya mau tanya punya samsung GTP1000 kalo dibuat online/dibuka layar sebelah kana kok panas dan apa bila batrey tinggal 30% kalo dibuat fofto/video rec kok mati kira kira rusak apanya ya gan tolong bantuanya

Gan mau nanya dunk gmn cara mengatur camera video call wechat samsung tab GTp3100 biar ga terbalik, krn video call ane terbalik 🙁

Mohon bantuannya ya gan, ane nyari2 dipengaturan wechat nya ngga ada buat atur kamera tsb. Kalau buat foto biasa siy ga terbalik.

gan numpang tanya nih, tab p3100 kan ramnya 1 GB, tapi koq usablenya cuma 687MB, apa bisa limit usablenya di mentokin jadi 1 GB? numpang pencerahannya gan

permisi gan. mau nax ni, terkait coc blh? soalx klu buka dri tab gt p31000 gak bisa conect ke googlay play, katax item ini tidak tersedia dinegara anda, bgtu jg klu dri bluestack. mhon bantuanx gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *