Home » OS » Linux » Mengatasi “Not replacing deleted config file” di Ubuntu

Mengatasi “Not replacing deleted config file” di Ubuntu

Sepele tapi bikin jengkel kalo yang belum tau jadi berikut cara mengatasi "Not replacing deleted config file" di Ubuntu 20.04.

Sepele tapi bikin jengkel kalo yang belum tau jadi berikut cara mengatasi “Not replacing deleted config file” di Ubuntu, saat ini kentos pakai Ubuntu 20.04.

Jadi ceritanya kentos melakukan kesalahan dengan menghapus beberapa config dari beberapa package. Disini kentos menghapus package extention dari PHP seperti PHP-MySQL dll.

Untuk mengembalikan config yang dihapus bisa dengan cara melakukan install ulang package nya. Karena diawal install package akan diberi default config.

Namun masalah config yang terhapus ini tidak selesai dengan cara install ulang package nya saja. Karena ada masalah setelah kentos menghapus package kemudian menginstallnya kembali.

Ohya, untuk menghapus package di Ubuntu bisa menjalankan perintah dibawah ini :

apt remove namapackage

apt purge namapackage

Contoh :

apt remove php-mysql

apt purge php-mysql

Nah, untuk menginstallnya bisa menjalankan perintah dibawah ini :

apt install namapackage

Contoh :

apt install php-mysql

Oke, lanjut kepermasalahannya ya. Jadi setelah menjalankan perintah install package harapan kentos sih sudah selesai untuk permasalahan ini. Tapi tanpa disangka, package berhasil di install kembali. Namun, config yang tadinya terhapus ini tidak berhasil dibuat ulang.

Pada terminal muncul peringatan “Not replacing deleted config file”, yang berarti tidak dapat menggantikan config yang sudah dihapus!

Waduh, sama saja bohong kalo gini ceritanya ya. Ternyata eh ternyata, memang itu adalah fitur keamanan dari Linux sendiri. Ketika melakukan install ulang atau upgrade package tidak akan mempengaruhi config yang sudah ada atau sudah di hapus.

Jadi bagaimana cara mengatasi config yang terhapus tapi muncul peringatan “Not replacing deleted config file” di Ubuntu?

Sepele tapi bikin jengkel kalo yang belum tau jadi berikut cara mengatasi "Not replacing deleted config file" di Ubuntu 20.04.

Caranya adalah memaksa membuat ulang config setiap saat menginstall package baru. Dengan cara berikut ini :

export UCF_FORCE_CONFFMISS=1

apt purge namapackage

apt install namapackage

export UCF_FORCE_CONFFMISS=

Maksud perintah diatas adalah memaksa mematikan proteksi UCF atau Update Config File. Jadi dengan mengetikan perintah export UCF_FORCE_CONFFMISS=1 akan memaksa mengkonfirmasi untuk memaksa update config file dan mengembalikannya dengan export UCF_FORCE_CONFFMISS= supaya tidak kelupaan ternyata ada config yang sudah di modifikasi eh keganti ya!

Sekian tulisan tentang cara Mengatasi “Not replacing deleted config file” di Ubuntu semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.