Mengatasi Ubuntu Server Yang Tidak dapat IP Address (Ubuntu di Proxmox)

Mengatasi Ubuntu Server Yang Tidak dapat IP Address (Ubuntu di Proxmox)

Halo halo lama tidak menulis disini haha. Kali ini kentos mau kasih info tentang per-linux-an duniawai lagi. Ya sebenernya ini catatan buat kentos aja barang kali suatu saat nemuin masalah ini dan sekalian dibagikan ke teman-teman semua yang membaca postingan artikel ini. Jadi kali ini kentos mau nulis tentang cara mengatasi ubuntu server yang tidak dapat IP Address local ya.

Kenapa ini penting? Ya kalo tidak dapat ip local gimana mau koneksi ke jaringan? Alhasil si server jadi tidak dapat mengakses jaringan local maupun internet.

Bagaimana mengetahui ubuntu server yang tidak dapat IP local?

Cara nya dengan mengetikan perintah dibawah ini :

ip a
output jika belum ip local

Jadi kentos habis install ubuntu nih tapi si ubuntu ini tidak dapat IP local dan tidak dapat mengakses internet. Karena kentos ingin IP local si ubuntu ini static jadinya kentos konfigurasi seperti berikut :

su - root
nano /etc/netplan/01-netcfg.yaml

Kemudian isi konfigurasi berikut pada file 01-netcfg.yaml

Network:
  version: 2
  renderer: networkd
  ethernets:
    eth0:
      dhcp4: no
      addresses: [192.168.122.3/24]
      gateway4: 192.168.122.1
      nameservers:
        addresses: [8.8.8.8,8.8.4.4]
      dhcp6: no

Perlu diperhatikan karena tiap environtment atau server memiliki perbedaan konfigurasi. Kentos jelaskan sedikit yang perlu disesuaikan saja ya.

Jadi yang perlu disesuaikan disini adalah eth0 ini adalah network interfaces pada server sesuaikan dengan network interface pada server teman-teman. lihat di hasil output perintah ip a diatas.

Kemudian pada bagian addresses isikan ip untuk server teman-teman, disini Kentos menggunakan addresses 192.168.122.3 dan range subnet nya 24. Sama dengan gateway4 isikan dengan ip gateway pada jaringan teman-teman disini Kentos pakai 192.168.122.1 dan yang terakhir untuk nameservers setting menggunakan DNS Google saja yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.

Setelah semua selesai silahkan simpan dan keluar menggunakan kombinasi shortcut CTRL+X kemudian ketik Y untuk menyimpan perubahan.

Terapkan konfigurasi yang telah dibuat ke netplan dengan mengetikan perintah berikut:

netplan apply

Dan coba cek kembali dengan perintah :

ip a

Maka hasilnya akan berubah menjadi berikut jika sudah benar:

Output ketika mendapatkan ip address local

Selesai sudah cara mengatasi ubuntu server yang tidak dapat IP Address semoga membantu. Jika ada pertantaan silahkan tulis dikolom komentar ya. Next kayaknya bakal bahas linux di virtual mechine KVM QEMU atau PROXMOX.

2
%d blogger menyukai ini: