Cara Mengubah URL Google Apps dengan Subdomain Menggunakan CNAME

Cara Mengubah URL Google Apps dengan Subdomain Menggunakan CNAMEMelanjutkan posstingan saya sebelumnya tentang?Cara Membuat Email Gratis Menggunakan Domain Sendiri agar anda dapat mengakses webmail anda dengan langsung menggunakan subdomain anda tanpa menggunakan URL Google apps yang terlalu panjang.
Cara Mengubah URL Google Apps dengan Subdomain Menggunakan CNAME ini bisa anda gunakan di control panel domain maupun hosting. Untuk postingan kali ini akan membahas pasa control panel (cpanel) hosting.

Cara Mengubah URL Google Apps dengan Subdomain Menggunakan CNAME

  1. Login ke Cpanel hosting anda.
  2. Pada menu “Domain” pilih “Advanced DNS Zone Editor“.
  3. Pilih domain anda.
  4. Jika anda ingin menggunakan subdomain mail.domain_anda.com berarti anda harus menghapus subdomain mail yang sudah ada.
  5. Kemudian “Add a Record” dengan “Name:mail“, “TTL:bisa samakan dengan yang sudah ada (3600 atau 14400)“, “Type:CNAME“, “CNAME:ghs.google.com
  6. Jika semua sudah di isi dengan benar silahkan klik “Add a Record“.

Jika anda menggunaakan CNAME berarti anda harus menunggu paling lambat hingga 24 jam untuk bisa dapat berfungsi dengan baik. Jika anda ingin Mengubah URL Google Apps dengan Subdomain dengan cepat tanpa menunggu 24 jam bisa menggunakan Cara Setting Subdomain Webmail Redirect ke Google apps.

Leave a Reply

%d bloggers like this: