Home » Informasi » Cara Install CentminMod (Linux,Nginx, MariaDB MySQL dan PHP-FPM)
Cara Install CentminMod (Linux,Nginx, MariaDB MySQL dan PHP-FPM)

Cara Install CentminMod (Linux,Nginx, MariaDB MySQL dan PHP-FPM)

Kebutuhan web server yang sudah sangat berat atau hanya ingin belajar saja, VPS memang diperlukan. Untuk membuat Web server dibutuhkan beberapa service yang terinstall di VPS. Setelah terinstall kita juga harus melakukan konfigurasi agar bisa digunakan. Sangat ribet kedengarannya. Tapi ternyata tidak seribet yang dibayangkan karena ada sebuah aplikasi memejemen service web server.

Tidak seperti cPanel, Kloxo, VistaCP atau Webuzzo. CentminMod ini berbasi command atau CLI, jadi tidak ada GUI. Jadi buat kamu pendatang baru VPS ini tidak disarankan. Tapi kalo nekat mau coba tidak ada salahnya jika kamu mau belajar. CentminMod ini berjalan pada CentOS berbeda dengan EasyEngine yang berjalan pada Debian atau Ubuntu. Tapi untuk kegunaan dan fiturnya hampir sama. Hanya saja CentminMod menawarkan lebih banyak opsi yang membuat kentos ingin mencobanya.

Baca juga : Cara Mudah install WordPress dengan EasyEngine di VPS Debian

CentminMod saat ini hanya bisa berjalan di CentOS 6 dan 7 saja dengan arsitektur 32bit maupun 64bit. Besar memori RAM yang disarankan sebesar 1GB kalau tapi saat ini kentos coba dengan VPS 512MB yang disediakan oleh DigitalOcean. Yang belum punya VPS atau ingin coba DigitalOcean bisa langsung ke link https://www.kentos.org/go/digitalocean/

Sebelum memulai pastikan VPS kamu sudah siap dan masih fresh. Jika belum silahkan buat VPS kamu jadi fresh dengan reinstall OS dengan CentOS 6 atau 7.

Yang pertama dilakukan mari update dulu

Lakukan instalasi menggunakan Quick CURL install

Jika sukses akan muncul seperti ini

Selamat kamu sudah berhasil install CentminMod di VPS CentOS.

Atau ini terlalu pusing? Bisa coba Serverpilot dengan berbagai fitur premium dan support dari mereka. https://www.kentos.org/go/serverpilot/

Rabu, 24 Mei 2017 - Wednesday, May 24, 2017