Delapan Gunung Api Indonesia Status 'Waspada'

anak gunung krakatau.JPG
Gunung Meletus

Warga diimbau tidak mendekati kawah gunung.
Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta sudah meletus. Sebanyak 33 orang tewas. Kini, ada delapan gunung berapi lainnya di Tanah Air dalam status ‘Waspada’.

“Status waspada kita berikan karena kawah gunung tidak dalam kondisi aman untuk didekati,” kata Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi Kementerian ESDM, Agus Budianto, kepada VIVAnews.com, Jumat 29 Oktober 2010. Menurut Agus, delapan gunung berapi aktif itu tersebar di seluruh Indonesia dari Sumatera sampai Pulau Jawa. Delapan gunung itu terus mendapat pantauan khusus dari Pusat Vulkanologi.

Delapan gunung api itu yakni:
1. Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara
2. Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat
3. Gunung Anak Krakatau, Lampung
4. Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat
5. Gunung Slamet, Tegal, Jawa Tengah
6. Gunung Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah
7. Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur
8. Gunung Bromo, Probolinggi, Jawa Timur
Krakatau, kata Agus? kerap mengeluarkan lava pijar dengan volume kecil dan tidak membahayakan. Aktivitas Krakatau terjadi sejak 2007 sampai saat ini. Letusan kecil kerap terjadi.

“Lava pijar di Krakatau itu sudah sering terjadi. Tidak berbahaya, karena pemukiman terdekat jaraknya sekitar 46 kilometer,” ujar Agus.
Sedangkan untuk Semeru hingga saat ini masih dalam pembentukan kubah lava. Kerap terjadi letusan kecil tetapi tidak berbahaya. Akan sangat berbahaya bila ada manusia yang mendekat ke arah kawah. (umi)

VIVAnews
Original Post
Delapan Gunung Api Indonesia Status ‘Waspada’

Published by

amri

Seorang penulis blog yang suka meng-kode juga suka musik dan otomotif. Nah lho bingung kan wkwkwk

0 thoughts on “Delapan Gunung Api Indonesia Status 'Waspada'”

  1. Walau daerah saya sangat jauh dengan gunung berapi, namun kita harus selalu extra hati2. Sebab bencana bisa dtg kapan saja… 😀

Leave a Reply