Home » SEO » Hal Penting Saat Mengganti Domain Lama ke Domain Baru WordPress

Hal Penting Saat Mengganti Domain Lama ke Domain Baru WordPress

Hal Penting Saat Mengganti Domain Lama Ke Domain Baru WordPress – Mungkin artikel ini yang bisa kentos tulis setelah proses perpindahan domain www.kentos.org ke www.kentos.org. Ingat ya domain baru kentos adalah kentos.co bukan .com atau .co.id.
Baik langsung saja kentos ingin share beberapa hal penting saat mengganti Domain Lama ke Domain Baru WordPress.?Sebenarnya hal penting ini tidak hanya dilakukan pada CMS Blog self-hosting ini saja, tapi pada pengalaman kentos menggunakan CMS Blog yang digemari banyak blogger self-hosting alias WordPress.

1. Pastikan blog pada domain lama dan domain baru masih dapat diakses

Walau akan menggunakan domain baru pastikan juga blog pada domain lama juga harus tetap dalam keadaan up/bisa diakses. Ini tidak wajib tapi sebaiknya kedua blog dengan domain yang berbeda ini namun menggunakan 1 database agar lebih mudah nantinya.

2. Daftarkan Domain Lama dan Domain Baru ke Webmaster Tools (Google)

Hal ini perlu dilakukan karena bisa dibilang untuk mengenalkan domain baru kamu di search engine. Lalu untuk apa domain lama juga diperlukan jika sudah akan diganti ke domain baru ? Tentu saja perlu dilakukan, karena nantinya akan digunakan untuk memberitahu Search Engine (Google) untuk mengubah domain lama ke domain baru di Search Engine/Mesin Pencari.
Setelah mendaftar silahkan verifikasi domain kamu dengan beberapa metode yang bisa kamu pilih mana yang paling mudah diterapkan.
Silahkan daftar dan verifkasi domain ke Webmaster Tools.

3. Submit/kirimkan Sitemap blog WordPress kamu ke Webmaster Tools

Sitemap pada domain baru juga perlu di kirimkan kembali apabila kamu sudah pernah mengirimkan pada domain lama. Pokoknya submit sitemap pada domain lama dan domain baru ke Webmaster Tools.

4. Memberi tahu mesin pencari

Memberi tahu mesin pencari tak kalah pentingnya, kamu harus memberi tahu mesin pencari (google) apabila domain lamamu akan digantikan dengan domain baru.

Hal Penting Saat Mengganti Domain Lama ke Domain Baru WordPress

5. ?Menerapkan?301 permanent redirects/ pengalihan 301 secara permanen

301 permanent redirects/ pengalihan 301 secara permanen secara singkatnya adalah fungsi untuk mengalihkan suatu link asal ke link tujuan. Bisa juga diartikan untuk mengalihkan link pada domain lama ke domain baru, sehingga pengunjung yang mengakses domain lama otomatis akan diteruskan ke domain baru kamu.
Untuk lebih jelas berikut video penjelasan Matt Cutts tentang 301 Redirects.

Atau bisa kunjungi Webmaster Tools 301 Redirects.
Kelima poin diatas saya tulis karena saya anggap beberapa hal penting saat mengganti domain lama ke domain baru untuk wordPress atau yang lainnya.

%d blogger menyukai ini: