Home » Blog » Cara Menggunakan CloudFlare Free DNS
Cara Menggunakan CloudFlare Free DNS

Cara Menggunakan CloudFlare Free DNS

DNS milik ISP di Indonesia masih belum sempurna, terkadang ada beberapa situs yang susah dibuka karena belum mengenali DNS domain tersebut. Solusi mudah yang biasa kentos gunakan adalah memanfaatkan layanan free DNS. Layanan DNS gratis yang biasa kentos gunakan adalah CloudFlare.

Awal mula kentos tahu CloudFlare adalah tersedianya layanan CloudFlare di menu cPanel hosting. Setelah kentos coba ternyata baik juga untuk melakukan point to domain. Khususnya mereka yang menggunakan VPS unmanaged karena tidak perlu mengkonfigurasi DNS service di VPS. Pastinya akan mengurangi service yang ada di VPS sehingga mengurangi beban VPS juga, ya tidak?

Tak usah banyak bicara lagi langsung saja berikut kentos paparkan cara menggunakan DNS gratis dari CloudFlare.

Pertama tentunya buka terlebih dahulu https://www.cloudflare.com

Selanjutnya silahkan register. Tidak usah saya jelaskan ya? Tinggal klik tombol register selanjutnya ikuti step by stepnya atau login juga sudah punya akun di CloudFlare.

Setelah akun siap dan telah diverifikasi (jika diperlukan) sekarang saatnya menambahkan domain ke akun CloudFlare.

add domain cloudflare

Ikti gambar diatas :

  1. Pilih Add Site
  2. Ketikan domain yang akan ditambahkan
  3. klik Begin Scan untuk memulai scan DNS yang digunakan sekarang

continue setup domain cloudflare

Selanjutnya tinggal dilanjutkan dengan memilih tombol Continue Setup. Setelah itu akan muncul konfigurasi dari DNS sebelumnya berupa AAA record, Cname Record dan lain sebagainya, klik Continue.

Muncul berbagai pilihan paket di CloudFlare. Karena niatnya cuma mau pakai gratisan maka pilih Free Plan (Default sudah memilih Free Plan tinggal continue saja).

nameserver cloudflare

Nah, yang terakhir keluar juga nameserver baru dari CloudFlare. Sekarang tinggal ganti nameserver lama kita dengan nameserver baru yang diberikan CloudFlare.

Bagaimana cara ganti nameserver lama ke nameserver baru?

Coba gulir kebawah, CloudFlare sudah memberikan langkah-langkahnya disana.

default setting cloudflare

Default setting cloudflare seperti diatas, biarkan dulu nanti dibahas pada tutorial berikutnya. Klik Continue untuk melanjutkan.

proses propagasi domain ke cloudflare

Selesai. Tinggal nunggu proses propagasi DNS lama ke cloudflare. Prosesnya bisa memakan waku sampai 24 jam, jadi tunggu aja. Ciri-ciri sudah berpindah gimana? Nanti dasboard cloudflare akan berubah jadi seperti gambar di bawah ini:

cloudflare active

Sekian tutorial cara menggunakan CloudFlare Free DNS dari kentos, semoga bermanfaat.

Kamis, 25 Mei 2017 - Thursday, May 25, 2017
  • alienbumi

    thanks…..sangat membantu..