Cara Akses Root Google Cloud Platform via Putty Bitvise Filezilla atau WinSCP

Cara Akses Root Google Cloud Platform via Putty Bitvise Filezilla atau WinSCP – Menggunakan Compute Engine atau disebut Virtual Mechine dari Google ini bisa dibilang powerfull. Ya jelas saja. Google merilis layanan ini tidak sembarangan. Untuk keperluan Web Server atau Apps Server sangatlah puas sekali saya gunakan.

Untuk mengakses server bisa melalui Dashboard Google Cloud Platform di menu VM instances. Disana akan tampil pilihan SSH untuk VM bersistem operasi Linux dan RDP untuk VM bersistem operasi Windows. Karena disini menggunakan Linux OS pada VM yang saya gunakan maka klik SSH (biasanya klik sekali akan diblokir oleh browser, coba klik sekali lagi sampai muncul popup window console).

Dari situ sudah dapat mengakses VM via console seperti di putty atau terminal. Namun jika tidak terbiasa dengan CLI dan terbiasa dengan explorer sperti pada bitvise, filezilla atau winscp akan kebingungan. Karena secara default Google Cloud Platform juga tidak mengijinkan akses root langsung dari luar / pihak ketiga.

Agar dapat mengakses root dari putty, Filezilla dan lain-lain maka harus melakukan langkah-langkah di bawah ini :

Akses Console SSH yang sudah dijelaskan di atas tadi. Kemudian ketikan “sudo passwd root” untuk membuat password root yang baru.

Jika sudah, masuk sebagai root dengan cara ketikan “sudo -s” atau “sudo su“.

Jika sudah masuk sebagai root ketikan “nano /etc/ssh/sshd_config” kemudian ubah beberapa baris di config ssh seperti “PermitRootLogin no” di ganti “PermitRootLogin yes“. Dan satu lagi “PasswordAuthentication no” menjadi “PasswordAuthentication yes“. Jika sudah silahkan keluar dan simpan config yang sudah diubah tadi dengan cara menekan dan ctrl+x kemudian ketik “y” dan enter.

Agar config SSH yang sudah diubah tadi berkerja, restart terlebih dahulu service SSH yang sedang berjalan dengan mengetikan “sudo service sshd restart“.

Sekarang silahkan coba login root dengan aplikasi pihak ketiga favorit kalian. Terima kasih sudah baca Cara Akses Root Google Cloud Platform via Putty Bitvise Filezilla atau WinSCP.