Cara Menghilangkan Karakter ? dan ’ di Postingan WordPress

Kenapa kali ini dituliskan cara menghilangkan karakter ? dan ? ? ? di postingan WordPress? Gini ceritanya, awalnya setelah melakukan pemindahan blog ke hosting yang baru. Pemindahan menggunakan cara manual yaitu dengan melakukan install WordPress melalui layanan QuickInstall yang tersedia di CPanel Hosting yang kemudian di restore folder “wp-content” dan juga import database dari hosting lama.

Setelah blog dapat diakses dengan hosting baru terlihat tidak ada masalah, tetapi setelah diperhatikan ada yang janggal. Mulai terlihat beberapa macam simbol aneh di postingan, termasuk karakter ? dan ? ? ?.

Cara Menghilangkan Karakter ? dan ’ di Postingan WordPress

Lalu bagaimana mengatasi simbol atau karakter aneh seperti ? dan ? ? ?? Setelah melakukan pencarian ditemukan pembahasan pada forum WordPress. Disana diberitahukan pada file “wp-config.php” untuk menambah simbol komentar pada 2 baris berikut :

define('DB_CHARSET', 'utf8');
define('DB_COLLATE', '');

sehingga menjadi :

//define('DB_CHARSET', 'utf8');
//define('DB_COLLATE', '');

Cara tersebut ternyata dapat menyelesaikan masalah. Simbol aneh dengan karakter   dan ’ dapat menghilang pada postingan. Tetapi belum tau bagaimana nantinya untuk jangka panjang setelah melakukan penambahan komentar pada dua baris tersebut.

Jika tidak ingin melakukan pengeditan pada bagian “wp-config.php” bisa melakukan metode yang kedua ini.

Masuk ke halaman phpMyAdmin, export database. Kemudian buka database.sql tadi kedalam notepad++/sejenisnya. Setelah itu manfaatkan fitur “Find & Replace” biasnya dengan menekan “CTRL+H”.

Cara Menghilangkan Karakter ? dan ’

Isikan karakter yang akan dihilangkan pada form “Search for” dan biarkan kosong pada form “Replace with”. Jika sudah klik “Find”.

Jika sudah jangan lupa “Save” database yang baru saja di edit dan silahkan masuk ke “phpMyAdmin”, “select all” tabel yang ada kemudian “Drop Tables”. Masuk ke Tab “Import” silahkan import database yang sudah diedit tadi.

UPDATE:

Ada cara lebih simple tanpa export import (tapi alangkah baiknya tetap di export dulu buat backup untuk menghindari hal yang tidak diinginkan) yaitu dengan menjalankan query di phpMyAdmin.

replace text from phpMyAdmin

Sekarang cek apakah di postingan masih menampilkan karakter aneh   dan ’? Cukup sekian cara menghilangkan karakter ? dan ? ? ? di postingan WordPress semoga bermanfaat jika ada salah mohon ma’af.

Senin, 23 Januari 2017
Amri

Saya adalah laki-laki tulen normal tertarik dengan lawan jenis. Seorang Penulis, pengkoding dan penyayang. Makan jarang, mandi kadang-kadang dan tidurpun siang.